Amyl Alkohol ~ BECK-FK

Amyl Alkohol

Amyl alkohol atau amil alkohol adalah salah satu dari 8 alkohol dengan rumus C5H11OH. Sebuah campuran amil alkohol (juga disebut amil alkohol) dapat diperoleh dari alkohol Fusel. Amil alkohol digunakan sebagai pelarut dan pada esterfication misalnya dalam produksi asetat amil, dalam senyawa kimia yang berbeda amil alkohol lebih mengacu pada 1-pentanol.

Senyawa utama dari amil alkohol komersial adalah 1-pentanol dan 2-metil-1-butanol, amil alkohol memiliki sifat yang sama dengan jenis alkohol rantai rendah lainnya, yaitu benar-benar larut dengan pelarut organik dan merupakan pelarut yang sangat baik dalam penggunaannya untuk nitroselulosa, lak lesin, ester yang berjenis lebih tinggi, berbagai getah alam serta sintetis dan resin. namun perbedaanya dengan alkohol rendah lainnya yaitu, hanya sedikit yang larut dalam air. Neopentil alkohol adalah pengecualian dari 8 alkohol jenis ini yang memiliki sifat fisik jernih tidak berwarna, berbau tajam dan menusuk dalam kondisi atmosfer.

Amil alkohol menggambarkan jenis dari setiap alkohol alifatik jenuh dengan memiliki lima atom karbon. Kelasnya terdiri dari :
  • 3-pentanol
  • 4-butanol
  • propanol disubtitusi
yaitu, isomer dari delapan C5H12O; 4-primer, 3-sekunder, dan satu alkohol tersier. Lainnya adalah jenis alkohol yang memiliki pusat kiral 2-pentanol, 2-metil-1-butanol dan 3-metil-2-butanol, oleh karenanya ada dua bentuk enansiomer. Struktur karbonya dengan tingkat percabangan yang aneh dan memiliksfat fisik kelarutan yang unik di kalangannya membuat sifat ideal yang dimiliki untuk digunakan sebgai pelarut, aditif, ekstraksi, surfaktan, bensin dan dalam proses pembuatan minyak wangi.

Amyl alkohol dapat diperoleh secara sintesis, dari jumlah yang ada tersier butil carbinol menjadi salah satu jenisnya yang paling sulit untuk didapatkan. Saat ini produksi alkohol jenis ini adalah dengan menggunakan katalisator rhodium-hidroformilasi atau disebut juga dengan proses okso yang dilakukan dalam tekanan rendah dari butena. Amil alkohol yang janis campuran seperti 1-pentanol ataupun 2-metil-1-butanol, lebih banyak disukai karena lebih ekonomis dalam proses produksi secara komersial dan kombinasi sifat yang dimiliki sesuai dengan permintaan.

Artikel Terkait

Penulis : Muhammad Ikhsan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Amyl Alkohol ini dipublish oleh Muhammad Ikhsan pada hari Wednesday, April 09, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Amyl Alkohol
 

0 comments:

Post a Comment

@ikhsan_fk. Powered by Blogger.