Jenis-Jenis Alkohol ~ BECK-FK

Jenis-Jenis Alkohol

Jenis-Jenis Alkohol, Tergantung daripada bagaimana posisi gugus -OH yang terletak didalam rantai karbonnya dan kesemuanya dari jenis alkohol ini memiliki sifat perbedaan kimiawi. 

1. Alkohol Primer
Atom karbon yang mengikat gugus -OH hanya terikat pada satu gugus alkil saja. Beberapa contoh alkohol primer antara lain adalah :
  • Propanol = CH3-CH2-CH2-OH
  • Butanol   = CH3-CH2-CH2-CH2-OH
Dapat diperhatikan bahwa tidak menjadi sebuah masalah seberapa kompleks gugus alkil yang terikat, itu terlihat dari contoh diatas dimana hanya ada satu ikatan antara gugus CH2-OH dengan satu gugus alkil. Pengecualian diberikan pada metanol CH3OH, dimana meskipun tidak ada gugus alkil yang terikat pada atom karbon tetapi metanol tetap dianggap sebuah alkohol primer.

2. Alkohol Sekunder
Pada Alkohol jenis ini, atom karbon yang mengikat gugus -OH akan berikatan langsung dengan dua gugus alkil dan keduanya bisa saja sama ataupun berbeda. Contohnya:
  • 2-Propanol
  • 3-Butanol
  • 3-Metil-2-Butanol
 3. Alkohol Tersier
Gugus -OH yang terikat oleh atom karbon akan berikatan langsung dengan tiga gugus alkil yang merupakan kombinasi dari jenis alkil yang sama atau pula berbeda.
  • 2-Metil-2-Propanol
  • 3-Etil-3-Pentanol
  • 2,3-dimetil-3-Pentanol  
 Bagian dari jenis alkohol :
A. Metanol dan etanol
Metanol dan etanol (metil alkohol dan etil alkohol) adalah dua jenis alkohol yang paling sederhana, strukturnya sebagai berikut:
H           H H
|           | |
H-C-O-H     H-C-C-O-H
|           | |
H           H H
metanol      etanol

Hasil fermentasi buah/gandum dengan ragi akan menghasilkan alkohol, selain itu Etanol juga dapat diperoleh melalui peragian tetes (sisa pemurnian gula tebu), atau dari bahan lain yang didalamnya mengandung gula alam. Etanol adalah alkohol biasa yang sangat umum penggunaannya dan juga salah satu obat yang paling tua dan paling banyak digunakan di dunia. Dengan mengkonsumsi alkohol dalam kadar yang banyak, orang bisa mengalami mabuk. Semua alkohol jenis bersifat toksin (beracun dan berbahaya), namun etanol tidak terlalu demikian karena tubuh manusia dapat menguraikannya dengan cepat.

Metanol dikenal sebagai alkohol kayu karena dapat dihasilkan melalui penyulingan destruktif kayu. Senyawa ini sangat beracun dan dapat menyebabkan buta dan kematian jika ditelan.
Metanol : pelarut, antifreeze radiator mobil, sintesis formaldehid, metilamina, metilklorida, metilsalisilat, dllEtanol : minuman beralkohol, larutan 70 % sebagai antiseptik, sebagai pengawet, dan sintesis eter, koloroform, dll. 

2.      Amil alkohol 
Amil alkohol adalah salah satu dari 8 alkohol dengan rumus C5H11OH. Sebuah campuran amil alkohol (juga disebut amil alkohol) dapat diperoleh dari alkohol Fusel. Amil alkohol digunakan sebagai pelarut dan pada esterfication misalnya dalam produksi asetat amil.

 3.      Gliserol 
Kegunaan gliserol sangat banyak, terutama sebagai bahan baku pembuatan resin sintetis, getah ester, obat - obatan, kosmetika, dan pasta gigi. 

4.      Eritritol 
Erythritol sangat mirip dengan gula  dalam hal penampilan dan rasa, meskipun bukan itu sangat manis dibandingkan dengan Gula halus. Cukup seperti gula halus, Anda dapat menemukan Eritritol dalam pasir atau bahkan dalam bentuk bubuk. Eritritol diasumsikan gula alkohol yang mirip dengan Sorbitol dan xylitol. 

5.      Xylitol
Xylitol adalah pemanis alami dari golongan penitol yang dapat menggantikan gula pada makanan atau bahan perlengkapan kebersihan mulut seperti dalam pasta gigi untuk sikat gigi, permen karet, cairan kumur-kumur, dan lain sebagainya.
Manfaat / fungsi / guna dari xylitol adalah untuk mencegah gigi berlubang, mengembalikan mineral gigi yang hilang dengan cepat, menghambat tumbuhnya plak / karies gigi, dan lain sebagainya. Gula xilitol ini pun aman dikonsumsi oleh penderita diebetas / kencing manis.

Artikel Terkait

Penulis : Muhammad Ikhsan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Jenis-Jenis Alkohol ini dipublish oleh Muhammad Ikhsan pada hari Wednesday, April 09, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Jenis-Jenis Alkohol
 

0 comments:

Post a Comment

@ikhsan_fk. Powered by Blogger.